BELANJELAH Tidak Hanya Sekedar Tempat Berbelanja

BELANJELAH.Com – Pandemi Covid-19 ini harus kita akui sebagai salah satu cobaan terbesar umat manusia. Banyak sektor ekonomi termasuk UMKM terimbas dan terpukul akibat Pandemi Covid-19. Penurunan penjualan, kesulitan membayar cicilan kredit, dan sulit untuk mendapatkan kredit modal baru adalah beberapa bagian dari permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM. Berawal dari obrolan ringan dengan beberapa rekan, akhirnya muncul lah ide untuk bagaimana caranya menggairahkan Ekonomi Lokal di tengah Pandemi Covid-19. Ide awal sebetulnya adalah membuat sebuah Event Offline, dimana Event ini akan menggandeng pelaku UMKM untuk berjualan di satu Area, dan Event ini dikemas sesuai dengan Protokal Kesehetan dan dibuat dengan gaya anak muda masa kini, karena memang target market kami adalah anak-anak muda yang butuh tidak sekedar berbelanja.

Setelah pembahasan mengenai Event Offline yang mentok karena adanya kekhawatiran dibubarkan paksa oleh Satgas Covid-19, maka muncul lah ide untuk membuat sebuah Website Online Store yang juga bisa diterapkan pada Aplikasi di Android. Awalnya nama yang ingin dipakai adalah Belanje, sengaja kami gunakan kata yang bisa diaplikasi pada dua bahasa Belitung dan Bangka. Karena kami berencana membuat sesuatu yang tidak hanya bisa dipakai di Pulau Belitung saja tetapi bisa juga digunakan di Pulau Bangka. Setelah menelusuri pemakaian nama Belanje dan ternyata sudah dipakai oleh pihak lain, maka kami menambahkan kata Lah sehingga muncul lah Brand bernama BELANJELAH.

Maksud dari kata BELANJELAH ini adalah kami ingin mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk tidak sekedar berbelanja saja, tetapi ada peranan-peranan lain ketika masyarakat Bangka Belitung berbelanja di BELANJELAH. Peranan-peranan apakah itu? Pertama dengan berbelanja di Belanjelah, masyarakat Bangka Belitung ikut membantu tumbuhnya ekonomi lokal berbasis UMKM, kedua masyarakat Bangka Belitung ikut membantu terciptanya lapangan kerja yang berbasis masyarakat lokal, ketiga ketika masyarakat Bangka Belitung memiliki kebanggaan terhadap Platform buatan lokal, hal ini akan membuat tumbuh nya Platform lokal lain sehingga ekonomi lokal berbasis industri kreatif akan tumbuh di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ada beberapa faktor hambatan UMKM sehingga sulit berkembang seperti sumber daya manusia, promosi dan juga literasi teknologi. Dan dari hasil survey lembaga Mc Kinsey juga menunjukkan bahwa baru 5% dari UMKM di Indonesia yang bisa berpromosi dan berjualan online di E-commerce, oleh karena itu Belanjelah.Com hadir sebagai solusi rekan-rekan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Sebagai Platform lokal, tentunya komitmen kami adalah mengangkat ekonomi lokal dan mendukung industri Pariwisata. Dalam penulusuran kami banyak UMKM yang memiliki kualitas baik namun masih terkendala akan permasalahan promosi dan selling. Atas dasar tersebut maka kami membuat sebuah Platform Online Store Belanjelah.Com dimana kami akan membantu proses promosi dan selling UMKM lokal.

E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Dan bisnis E-commerce ini adalah salah satu bisnis yang tetap bertahan dan memiliki grafik penjualan yang meningkat ditengah serangan Pandemi Global seperti Covid-19. Dengan pertimbangan tersebut kami sangat berharap BELANJELAH bisa menjadi solusi untuk menggairahkan kembali ekonomi lokal paska berakhirnya Pandemi Covid-19. Dan kami juga berharap BELANJELAH dapat membantu UMKM untuk tetap produktif dalam kondisi apapun. Dan semoga kita memiliki semangat yang sama untuk membangun Ekonomi Lokal berbasis UMKM agar bisa berdaya saing global, dan tangguh dalam segala kondisi apapapun.

Main Menu